Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Radang Amandel

Makanan Sehat Untuk Penderita Radang Amandel – Amandel adalah dua buah kelenjar getah bening yang terletak pada sisi belakang tenggorokan, yang berperan untuk mencegah suatu infeksi pada organ saluran pernafasan. Tonsilitis adalah suatu infeksi dari tenggorokan yang terjadi pada tonsil atau amandel.

amandel

Pada dasarnya penyakit amandel atau tonsilitis adalah terjadinya ada suatu gejala yang dimana sistem pertahanan tubuh utama bagi saluran nafas yang sedang terserang pada sejenis mikroorganisme bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Tonsilitis yang sering disertai dengan gejala sakit tenggorokan, nyeri tenggorokan, gatal, amandel bengkak, sakit teling, demam, bahkan menggigil. Yang akibatnya seseorang akan sulit untuk melakukan makan dan minum.

Selain dengan cara pengobatan radang amandel, ada juga salah satu cara untuk meredakan peradangan tersebut yaitu dengan cara mengonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kadar antioksidan sangat tinggi, sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan semakin kuat dalam melawan berbagai infeksi bakteri. Selain untuk asupan energi, namun makanan tersebut memiliki efek mengenyangkan dengan lebih lama, sehingga untuk penderita tidak harus sering mengonsumsi makanan lagi untuk menjaga kebersihan dan juga kenyamanan tenggorokan.

Makanan Untuk Penderita Amandel

Makanan sehat bagi penderita penyakit amandel mempunyai berbagai macam dari mulai makanan olahan, rempah, sayuran dan juga buah. Berikut adalah makanan sehat yang sangat dianjurkan bagi penderita penyakit amandel, diantaranya :

1. Makanan Olahan

Makanan yang lembut dan sangat cocok untuk penderita amandel :

  • Bubur

Mengonsumsi bubur saat sedang menderita tonsilitis merupakan suatu pemilihan jenis makanan yang sangat tepat, karena ketika peradangan timbul maka jangan sampai tersentuh makanan yang justru akan berpotensi semakin parah. Oleh karena itu dengan mengonsumsi bubur yang teksturnya lembut maka akan memberikan asupan kalori supaya tubuh kita mendapatkan energi untuk masa pemulihan serta mendapat kekuatan tubuh yang meningkat, dan akan menjaga lambung supaya tetap terisi.

  • Kentang

Kentang yang telah direbus dan ditumbukan bisa dijadikan sebagai pengganti bubur yang memiliki efek mengenyangkan lebih lama, juga sebagai pasokan energi. Kentang juga merupakan salah satu pengganti nasi untuk diet, dan memiliki kandungan potassium yang banyak memiliki banyak nutrisi.

2. Rempah dan Sayur

  • Bawang Putih

Kandungan antioksidan dari bawang putih akan meminimalisir terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh adanya bakteri dan kuman. Dengan cara merebusnya dengan kudapan sayuran akan menambah cita rasa serta memiliki khasiat layaknya rempah lainnya.

  • Cengkeh

Dalam rempah-rempah yang tentunya memiliki berbagai macam khasiat dari kandungan antioksidan yang sangat efektif untuk meningkatkan imunitas sekaligus melawan peradangan yang disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri.

  • Lada Hitam

Rempah-rempah pada lada hitam juga berfungsi untuk mengurangi gejala tonsilitis. Lada hitam yang dapat menimbukan efek nafsu makan sekaligus sangat berkhasiat dalam mengurangi peradangan yang disebabkan mikroorganisme penyebab radang.

  • Jahe

Jahe memang sudah dikenal sebagai rempah-rempah dalam mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan masalah tenggorokan, termasuk tonsilitis, yang mampu untuk membersihkan peradangan tonsilitis dengan secara bertahap.

  • Madu

Madu dikatakan sebagai zat yang memiliki beribu khasiat yang dapat menyehatkan dan juga mampu menambah asupan energi secara signifikan. Selain itu juga mampu untuk meredakan berbagai jenis peradangan termasuk amandel atau tonsilitis.

  • Bayam

Bayam yang memiliki serat tinggi juga memiliki kandungan mineral serta vitamin yang tinggi juga sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit amandel. Kandungan seratnya yang lembut dapat memudahkan kerongkongan saat menelannya dan dicerna oleh tubuh. Selain itu juga daoat memaksimalkan peredaran darah menyebar oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

3. Buah

  • Jeruk

Buah jeruk ini sangat bermanfaat dan dapat membersihkan semua lendir yang terdapat pada saluran pernafasan yang mengganggu kinerja tubuh. Kemampuan dari kandungan buah jeruk ini mampu melakukan perlawanan terhadap berbagai mikroorganisme yang sangat membahayakan yang berhubungan dengan gangguan tenggorokan.

  • Sirsak

Buah sirsak yang mengandung vitamin C, vitamin B, dan karbohidrat sangat cocok dikonsumsi bagi penderita penyakit amadel atau tonsilitis.

  • Lemon

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada buah lemon ini dapat mendongkrak kinerja sistem imun secara lebih maksimal. Selain dikonsumsi oleh penderita amandel, buah lemon ini juga sangat cocok untuk penurun kolesterol.

  • Berry

Semua jenis buah berry memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi bagi kesehatan tubuh. Jenis kandungannya yaitu antosinin dapat membantu sistem imun untuk melawan berbagai bakteri penyebab radang.

  • Tomat

Kandungan vitamin C yang sangat bagus dalam mendukung sistem imun juga sebagai asupan nutrisi saat terserang tonsilitis.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang sangat cocok dan dianjurkan bagi penderita penyakit amandel. Utamakan selalu melakukan pola hidup yang sehat serta menjaga kebersihannya supaya terhindar dari berbagai macam bakteri dan berbagai infeksi mikroorganisme yang berbahaya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *