Makanan Yang Harus Dihindari penderita TBC

Makanan Yang Harus Dihindari penderita TBC  РTBC yaitu kependekan dari Tuberkulosis, TBC merupakan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Perlu anda ketahui bakteri ini tercatat telah membunuh kurang lebih 2 juta orang per tahunnya. Kematian dari penyakit TBC sebagian besar di negara-negara berkembang termasuk indonesia.

tbc-mematikan

Dari hasil penelitian yang dilakukan para ilmuan bahwa sekitar sepertiga populasi dunia terinfeksi TBC. Tetapi, sebagian besar tidak menunjukan tanda-tanda penyakit sebab tidak ada gejala sama sekali atau mungkin terjadi dengan ringan ataupun samar samar. Inilah yang disebut dengan penyakit TBC. Penularan penyakit TBC bisa melalui udara seperti batuk, bersin atau bicara kepada orang lain.

Baca juga : Penyebab Gejala TBC Tulang Belakang

Makanan-Makanan Yang Harus Dihindari

 

  • Hidari Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti daging sapi goreng dan ayam, daging dan kentang goreng merupakan jenis makanan yang mengandung lemak jenuh berlimpah. Lemak ini berhubungan dengan kolesterol tinggi dan peningkatan resiko untuk diabetes dan penyakit jantung.

Menurut para ilmuan yang meneliti, makanan berminyak juga bisa memperburuk gejala yang menyertai TB, seperti diare, kram perut dan kelelahan. Makanan berminyak juga bisa mendapat bermasalah dalam berbagai cara, sebab dare berat mampu mengakibatkan dehindrasi yang parah dan komplikasi tertentu.

  • Hindari Minuman Berkafein dan alkohol

Minuman yang berakohol dan berkafein merupakan penyebab gangguan tidur dan membuat sulit tidur, sulitnya tidur diakibatkan kafein dan alkohol ini mengakibatkan lamatnya penyembuhan penyakit TBC.

Minum kafein atau alkohol berlebihan dapat juga di miliki efek diuretik, atau cairan-pembilasan. Penderita TBC disaranikan mengkonsumsi teh hijau yang bebas kafein- Sumber beharga antioksidan- teh hijau secara teratur untuk meningkatkan kesehatan.

  • Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans merupakan lemak yang diciptakan melalui sebuah proses di mana hidrogen ditambah ke dalam minyak nabati. Berdeda dengan minyak nabati, lemak tans mampu mengakibatkan kadar kolesterol jadi tidak sehat (naik).

Untuk menghindari makanan tidak sehat, hindari makanan seperti kue pie, margarin, pancakewaffles, es krim, non dairy creamer, popcorndalam kemasan, daging, biskuit, crackers, makanan beku dan creamy, makanan dalam kemasan (sudah diproses)

  • Hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti tepung dan gula menyediakan kalori kosong, atau kalori tanpa nutrisi. Sementara jumlah yang sederhana dari sumber karbohidrat olahan mungkin tidak menyebabkan kerusakan. Dari hasil penelitian bahwa penderita TBC menghindari mengonsumsi makanan ini sebab dapat meningkatkan kesehatan dan gejala.

Kandungan makanan olahan sangat tidak sehat bagi tubuh. kandungan garam, gula, lemak dan bahan pengawet lainnya bisa merusak tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Beberapa jenis makanan seperti nuget ayam, daging olahan,roti, kue, biskuit, produk sereal merupakan beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang harus dihindari. Untuk menggantikan makanan berkarbohidrat, anda dapat mendapatkan makanan yang kebih sehat, seperti halnya nasi, singkong, ubi jalar, talas, sukun, kentang dan jagung.

Selain anda memperhatikan makanan-makanan yang  harus dihindari, kami juga rekomendasikan produk herbal Ace maxs atau QnC Jelly Gamat yang telah terbukti khasiatnya untuk membantu menyembuhkan penyakit TBC. Untuk info lebih lengkap nya dapat anda baca pada link berikut, Klik Ace Maxs Obat TBC dan QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *