Mengenal Fakta Menarik Urine Sehat dan Tidak Sehat

Buang air kecil merupakan salah satu kegiatan sehari hari yang sering dilakukan oleh makhluk hidup terutama oleh manusia. Semua makhluk hidup tidak ada yang tidak mengeluarkan urine. Karena kegiatan ini merupakan bagian dari sisa metabolisme tubuh yang sudah semestinya dikeluarkan melalui cairan tersebut.

Fakta Menarik Urine Sehat dan Tidak Sehat

Namun dibalik kebiasaan sederhana ini, ada beberapa fakta unik yang perlu kita ketahui. Bagi seorang manusia idealnya akan mengeluarkan air seni sebanyak tujuh kali dalam sehari. Kegiatan ini jika dilakukan lebih sering atau malah jarang, maka dapat dikatakan orang tersebut mengalami masalah kesehatan yang tentunya mengkhawatirkan.

Selanjutnya urine sehat, akan dikelaurkan oleh manusia dan akan berlangsung selama sekitar tujuh detik. Jika ada seseorang yang mengeluarkan urine kurang dari waktu tersebut, bisa jadi dia menderita salah satu infeksi. Urine sendiri juga sering dikatakan sebagai sisa sisa nutrisi manusia yang diserap tubuh.

Kemudian urine sehat dan tidak sehat juga bisa dilihat dari warna air seni yang dikeluarkannya. Jika tidak berwarna, maka hal ini bisa dikategorikan orang tersebut terhidrasi dengan baik. Sementara saat urine berwarna kuning pucat berarti tingkat pada hidrasinya cukup. Selain itu warna urine yang gelap juga bisa diartikan bahwa seseorang mengalami dehidrasi sedangkan kalau coklat hingga merah menjelaskan bahwa orang tersebut harus segara memeriksakan diri kedokter karena kondisi seperti itu merupakan tanda dari adanya suatu penyakit.

Pada dasarnya kandung kemih pada orang dewasa bisa menahan sekitar 300 sampai 500 mililiter urine. Meskipun begitu tetap saja manusia dianjurkan untuk mengeluarkan urinenya dengan jumlah ideal perharinya. Hal ini juga termasuk untuk memastikan aroma urin yang memiliki bau amis atau tidak. Jika orang seperti ini, maka seseorang harus segera memeriksakan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan orang tersebut mengalami diabetes.

Fakta lainnya yang juga cukup mencengangkan dan harus kita ketahui, yaitu kebiasaan rakyat romawi. Bangsa romawi mempunyai salah satu kebiasaan berkumur dengan menggunakan urinenya sendiri. Mereka mempercayai bahwa urine mereka mengandung amoniak yang akan membantu untuk pemutihan gigi.

Wah cukup mengejutkan bukan. Namun mengenal lebih lanjut dari warna urine dan penjelasan dari segi medis anda bisa menyimaknya pada tayangan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *