Adakah Manfaat Gula Bagi Organ Hati?

Sebagian orang mengatakan bahwa gula tidak baik bagi kesehatan, termasuk untuk organ hati karena dapat memicu penyakit obat hepatitis, gangguan fungsi hati, dll. Namun, sebagian lagi mengatakan bahwa gula memiliki manfaat bagi fungsi hati. Lalu sebenarnya manakah yang benar.

Berikut ini penjelasan dari dr. Atika,”Dalam proses metabolisme tubuh, gula dapat dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Saat ini, gula adalah suatu substansi yang dianggap buruk terhadap kesehatan tubuh, termasuk hati.” Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini ulasan mengenai manfaat gula bagi organ hati.

Manfaat Gula Bagi Organ Hati

manfaat-gula-bagi-organ-hati

Gula seakan memiliki dua sisi yang berbeda yaitu baik dan buruk. Sebenarnya, gula merupakan suatu karbohidrat. Gula yang dipecah sebagai glukosa adalah bahan bakar utama untuk membentuk energi bagi hampir seluruh sel-sel tubuh, termasuk hati. Pemecahan gula berlangsung di saluran pencernaan yang melibatkan berbagai enzim pencernaan. Setelah dipecah, gula dapat diserap oleh tubuh untuk diangkut ke hati, kemudian diproses dan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi vital organ hati, maka sel-sel hati membutuhkan bahan bakar. Glukosa adalah bahan bakar utama yang menghasilkan energi di sel hati, sehingga sel dapat menjalankan berbagai macam ‘tugasnya’. Energi dari glukosa akan menggerakkan organ-organ kecil di sel hati, yang kemudian secara bersatu padu mampu menyelesaikan peran-peran organ hati. Adapun peranan organ hati adalah menyaring zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, menyimpan zat gizi yang berlebih, serta membentuk empedu untuk mencerna lemak.

Maka dari itu, bisa kita tarik kesimpulan bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai gangguan fungsi hati seperti perlemakan hati, hepatitis, sirosis, bahkan kanker. Namun, tanpa asupan gula yang cukup pula fungsi hati dan organ tubuh lainnya tidak akan berfungsi dengan sempurna. Maka dari itu, cukupilah asupan gula Anda, tidak berlebihan dan tidak kurang, sewajarnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *