Tips Menjaga Kehamilan Untuk Penderita Diabetes

Tips menjaga kehamilan untuk penderita diabetes -, Kehamilan merupakan suatu kebahagiaan sekaligus tantangan bagi para calon ibu. Terlebih jika calon ibu tersebut ternyata seorang penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 atau tipe 2. Selain harus menghadapi berbagai perubahan selama kehamilan, kehamilan dengan diabetes juga perlu menuntut para calon ibu untuk lebih ekstrak berhati-hati dalam memantau dan mengontrol gula darah yang di milikinya.

tips menjaga kehamilan untuk penderita diabetesHal tersebut sangat penting di lakukan, karena jika sebelum atau selama kehamilan anda dapat menjaga dan mengontrol gula darah dengan baik, maka kemungkinan melahirkan bayi yang sehatpun akan semakin meningkat. Selain dari pada itu, kemungkinan masalah lain akibat diabetes selama kehamilan ataupun semakin memburuknya kesehatan anda selama kehamilan akan semakin berkurang.

Untuk itu, agar tetap menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil terlebih saat kehamilan, selain mengonsumsi obat alami diabetes yang telah di anjurkan oleh dokter secara teratur, anda juga dapat melakukan tips menjaga kehamilan untuk penderita diabetes berikut ini.

Tips menjaga kehamilan untuk penderita diabetes

Ada beberapa tips menjaga kehamilan agar sang janin dan ibu tetap sehat, meski di sisi lain anda merupakan seorang penderita diabetes. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, guna untuk memeriksa efek samping diabetes pada tubuh sebelum merencanakan kehamilan. Hal tersebut sangat di perlukan untuk mendapatkan saran  bagaimana menjaga gula darah, mengganti obat (bila di perlukan), serta anjuran lainnya.
  2. Sering memeriksakan kondisi kesehatan tubuh ke dokter selama kehamilan. Hal tersebut guna mencegah atau mendeteksi masalah lebih awal. Untuk memantau kesehatan dan perkembangan janin di salam rahim anda dapat melakukan pemeriksaan konstan, ultrasound, tes darah serta tes pencitraan prenatal.
  3. Sering memeriksa kadar gula darah dalam tubuh. Kehamilan dapat membuat tubuh memerlukan nergi lebih banyak dari biasanya, sehingga tingkat gula darahpun dpat berubah dengan cepat sewaktu-waktu. Oleh sebaba itu, ibu hamil sangat di sarankan untuk mengecek kadar gula darah mibnimal 3 kali dalam sehatri untuk mengantisipasi kadar gula yang terlalu rendah dan terlalu tinggi.
  4. Mengonsumsi obat atau insulin yang dianjurkan oleh dokter. Anda juga jangan lupa untuk menyediakan gula cepat seperi permen karen dan tablet glukosa.
  5. Mengonsumsi makanan sehat. Tips menjaga kehamilan untuk penderita diabetes lainnya adalah dengan menyantap makanan sehat guna mencegah kadar gula yang tinggi maupun terlalu rendah. Seperti halnya anda dapat mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging dan produk olahan susu tana lemqak, kacang-kacangan, ikan  dan makanan yang mengandung asam folat.
  6. Olahraga secara teratur. Anda juga sangat di sarankan untuk melakukan olahraga secara teratur setidaknya 150 menit/minggu atau 20 menit selama hari dalam satu minggu. Mintalah saran dari dokter mengenai olah raga terbaik yang dapat anda lakukan selama kehamilan.

Beberapa tips di atas sangat di yakini untuk untuk menjaga kesehartan kehamilan pa da ibu hamil penderita diabetes karena gula arah yang di milikinya dapat terkontrol dengan baik. Namun, jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol dengan baik selam kehamilan, maka akan menyebabkan berbagai komplikasi baik bagi sang bayi maupun sang ibu sendiri. Berbagai macam komplikasi tersebut dapat berupa:

  • Macrosomia atau ukuran tubuh si kecil akan lebih besar dari pada ukuan bayi normal lainnya.
  • Ibu hamil harus induksi atau melahirkan dengan jalan operasi caesar.
  • Tepat setalah di lahirkan, kemungkinan si kecil mengandung gula darah sangat rendah.
  • Kandungan mangnesium dan kalsium yang terdapat di tubuh si kecil tidak seimbang.
  • Dapat menyebabkan cacat otak, tuang belakang, jantung dan lainnya.
  • Si keciL lahir prematur atau meninggal dalam rahim.
  • Setelah lahir, si kecil dapat mengalami masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan pernapasan.
  • Si kecil beresiko mengalami obesitas di kemudian hari.
  • Ibu hamil sangat bersiko preeklamsia (tekanan darah tinggi) yang dapat menimbulkan kejang atau stroke selama kehamilan.

Oleh karena itu, sangat di sarankan bagi ibu hamil penderita diabetes, agar selalu menjaga kesehatannya baik dengan mengonsumsi obat diabetes alami yang tentunya aman untuk sanga janin serta rutin mengontrol kadar gula dalam darah yang di milikinya.

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *