Kenali 9 Macam Pemicu Asma di Rumah

Penyakit asma atau istilah orang Indonesia sebut dengan penyakit bengek ini merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena kepekaan saluran pernafasan terhadap berbagai rangsangan dari luar seperti debu, serbuk bungan, udara dingin, makanan dan lain-lain. Penyakit asma bisa datang kapan saja dan dimana saja tidak dapat diprediksi lebih jelas, terutama ketika sedang berada di rumah.

Menurut dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi RSCM, Zakiudin Munasir mengungkapkan asma dapat menyebabakan penyempitan saluran pernafasan yang dapat meluas dan dapat diobati apabila mendapatkan penanganan yang tepat.

Macam-Macam Penyebab Asma Di Dalam Rumah

kucing penyebab asmaOleh karena itu sebagai orang tua kita harus mengenali penyebab asma yang mungkin saja berada di lingkungan sekitar kita yang menyebabkan si kecil ataupun anda sendiri mengalami asma/bengek berikut ini penyebab asma yang dikutip oleh Times of India, yakni sebagai berikut :

1. Saat Membersihkan Debu Rumah
Debu di dalam rumah merupakan pemicu penyakit asma yang paling besar. Oleh karena itu saat membersihkan debu rumah disarankan untuk menggunakan kain basah/kain lembab untuk menghindari banyak debu yang terhirup oleh hidung.

2. Debu Tungau dan Serangga
Selain debu, semprotan nyamuk, kecoa dan tikus juga dapat menyebabkan serangan asma terjadi. Oleh karena itu kosongkan sampah di sehari-hari dan basmi hama.

3. Asap Rokok
Bagi anda yang sayang keluarga sebaiknya hentikan merokok di dalam rumah. Karena asap rokok dapat memicu serangan asma pada orang sekitar. Selain asap rokok, asap api dan pembakaran sampah pun dapat menyebabkan asma.

4. Perubahan Suhu
Cuaca yang sering berubah-ubah menyebabkan temperatur suhu di sekitar pun ikut berubah dari panas berubah dingan dan kering. Ada sebagian orang yang dapat kambuh asma nya karena disebabkan suhu dingin.

5. Vacuum Karpet dan Tirai yang Jarang Dibersihkan
Cucilah karpet dan tirai secara berkala, karena bila di abaikan karpet dan tirai dapat menyebabkan debu menumpuk dan tempat tungau berkembang biak sehingga menyebabkan asma.

6. Lembap
Udara ruangan yang lembap kurang sinar matahari ternyata dapat menyebabkan asma lebih rentan kambuh.

7. Hewan Peliharaan
Salah satu hewan yang dapat memicu asma yakni kucing, hindari memelihara kucing bagi anda yang menderita asma. Namun apabila memang anda sangat menyukainya vacuum tempat yang sering dijadikan kucing bermain agar mengungi menghirup bulu.

8. Wewangian yang Beraroma Kuat
Hindari pemakaian wewangian seperti parfum, deodoran, penyegar udara yang menyengat karena dapat memicu serangan asma.

9. Emosi
Jangan biarkan diri anda atau orang sekitar yang menderita asma mengalamai ketakutan, marah, berteriak atau stress berlebihan, karena hal tersebut dapat memicu serangan asma.

Gunakan berbagai macam pengobatan asma anak yang paling tepat, semoga artikel ini dapat membantu. SEMOGA BERMANFAAT

| Kenali 9 Macam Pemicu Asma di Rumah

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *