Aktivitas Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Ibu hamil harus tetap menjalani aktivitas kesehariannya sebagaimana biasa tanpa perlu rasa takut. Karena aktivitas ibu selama hamil sangat membantu kesehatan dan perkembangan ibu dan bayi yang dikandung. Tetapi tidak semua aktivitas dapat dilakukan ibu hamil, dikarenakan ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil berpotensi mengganggu kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan bayinya. Seperti misalnya yang mempunyai resiko jatuh atau meningkatkan kemungkinan trauma perut.

 

Beberapa Aktivitas Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Aktivitas Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Olahraga dengan resiko tinggi

Aktivitas olah fisik sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan tekanan pada tubuh terutama pada perut dan punggung. Namun tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Karena ada beberapa jenis olahraga yang tidak boleh dilakukan ketika hamil seperti basket, tenis, badminton, berkuda, bersepeda dan sebagainya. Sebaiknya tanyakan pada bidan atau dokter, olahraga apa yang boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Aktivitas terlalu membungkuk

Duduk terlalu lama dan banyak membungkuk adalah aktivitas yang berbahaya bagi ibu hamil selama trimester ke3. Dikarenakan dapat menyebabkan ibu hamil merasa sakit pada bagian punggung dan janin mungkin dapat mendapatkan posisi tidak nyaman di rahim.

Kontaminasi dengan kotoran hewan

Hindari kontak langsung dengan kotoran hewan karena bisa menyebabkan penularan toksoplasma maka menjadi sangat berbahaya untuk janin dan ibu hamil.

Mengangkat beban berat

Boleh-boleh saja melakukan pekerjaan rumah kala hamil, asalkan jangan sampai ibu hamil mengalami kelelahan dikarenakan dapat membahayakan kesehatan janin. Salah satu pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan dikala hamil adalah mengangkat beban berat. Dikarenakan mengangkat beban berat saat hamil akan memberikan tekanan pada perut maka dapat menyebabkan kontraksi.

Berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama juga merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, sebab akan mengakibatkan tekanan yang berlebihan pada punggung dan kaki. Selain itu, pengaruh gravitasi bumi pun dapat menyebabkan perut terasa semakin berat tertarik ke bawah. Akibatnya, ibu hamil akan sering merasakan kelelahan fisik yang disertai dengan rasa nyeri pada bagian selangkakan.

Mengendarai motor dijalan yang jelek

Mengendarai motor disaat hamil memang aman untuk masa trimester ke-2 dan ke-3. Akan tetapi, anda mesti melihat keadaan jalan yang dapat dilewati apakah berlobang atau tidak? dikarenakan bila keadaan jalannya berlobang sehingga dapat berbahaya bagi ibu dan janin.

Itulah aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Dengan menghindari semua aktivitas yang tidak boleh dilakukan ibu hamil, bisa menjadi usaha yang baik untuk menjaga keselamatan ibu hamil dan janin.

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *